Ekstrakurikuler Sinematografi Komunitas Pencipta Movie (KOPVIE) SMK N 2 Sewon akan mengambil bagian dalam Pesta Pendidikan Hari Pendidikan Nasional 2018

Pesta Pendidikan adalah festival publik yang diinisiasi di tahun 2016 oleh gerakan masyarakat sipil secara sukarela, dari berbagai latar belakang profesi dan industri. Di tahun 2017, rangkaian kegiatan Pesta Pendidikan telah dengan sukses dilaksanakan di lima kota di Indonesia, mulai dari bulan Februari hingga Mei. Seluruh rangkaian kegiatan melibatkan 400 relawan dengan berbagai profesi, 250 komunitas/organisasi, 500 sekolah, pemerintah kota dan provinsi, serta beberapa kementerian dan lembaga negara.

Tahun ini, Pesta Pendidikan kembali diselenggarakan di Yogyakarta, Pesta Pendidikan Yogyakarta 2018 dikoordinasi dan diselenggarakan oleh panitia relawan yang terdiri dari puluhan Komunitas dan organisasi Pendidikan yang telah secara konsisten melakukan prakti-praktik baik dalam mendorong perubahan Pendidikan. Adapun berbagai kegiatan Pesta Pendidikan 2018 yang dilakukan meliputi Ngobrol Publik (kegiatan diskusi talkshow), Pameran Publik (dimana komunitas dan organisasi pendidikan menampilkan deskripsi kegiatan), Buka Pintu Sekolah (mengajak sekolah untuk berkolaborasi merayakan pendidikan), dan Festival Publik (pagelaran seni).

Ekstrakurikuler KOPVIE berdiri tahun 2012, dengan awal mula pendeknya jam praktek produksi film saat itu, sehingga perlu adanya jam tambahan di luar jam pelajaran. Beberapa penghargaan telah di raih, di antaranya: Juara 1 Lomba Film Pendek Dies Natalis ISI, Juara 1 kategori pelajar Festival Film Semi Dokumenter yang di adakan oleh BPCB Jawa tengah, Film Favorit Festival Film Pelajar Jogja, Juara 1 Ki Hajar Movie Award, dan Juara 2 Kemah Ilmiah BTKP DIY. KOPVIE juga telah menjalin kerjasama dengan yayasan kampung halaman, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Jogja Film Academy, dan Yayasan Festival Film Pelajar Jogja untuk pemutaran dan diskusi film. Kerjasama dengan sekolah mediaGymnasiet Swedia juga sudah terjalin sejak tahun 2015 hingga sekarang, mulai saling mengunjungi sekolah dan belajar budaya masing-masing negara hingga pameran dan pemutaran film bersama.

Pada hari jum’at, 27 April 2018, Ekstrakurikuler Sinematografi KOPVIE turut ambil bagian dalam sesi Buka Pintu Sekolah dalam Pekan Hardiknas 2018. Siswa akan nonton film hasil karya sendiri dan film dari Kemdikbud, setelah itu siswa akan mendiskusikan isi film tersebut.

Dengan ini siswa telah turut serta menjadi bagian dari Semua Guru Semua Murid dalam memajukan pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi. Dan pendidikan adalah tanggung jawab bersama.

 

Kontributor redaksi:

Tien Agustina

Guru Produktif Multimedia

333 total views, 1 views today