vlcsnap-2014-09-08-16h21m37s240Siswa Program Studi Multi Media SMKN 2 Sewon Bantul membuat film semi dokumentar berjudul Mataram Pleret. Film berdurasi 20 menit itu terpilih menjadi film terbaik Festival Film Semi Dokumenter 2014 yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Mataram Pleret mendapat penghargaan Widya Praba, dari BPCB Jawa  Tengah.

Ada tujuh siswa yang terlibat dalam produksi Mataram Pleret mulai dari penulis naskah, asisten sturadara, penata suara, penata cahaya, kamerawan dan editor. Semua dilakukan oleh siswa, guru hanya sebagai pendamping. SMKN 2 Sewon dalam festival itu menyertakan tiga film. Masing-masing ,Mataram Pleret yang menjadi juara, kemudian Benteng Vredeburg yang disutradarai Bagas Wicaksono dan Taman Sari yang disutradarai Untoro S tetapi kedua film itu tidak memperoleh penghargaan.

Tentu saja kami semua senang dan bangga, serta menambah rasa percaya diri, kata Farhan Kristianto Irawan yang menjadi sutradara Mataram Pleret di sekolahnya Rabu (3/9/2014). Pada saat pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan di pelataran Candi Sewu Sabtu (30/8/2014) malam Farhan ini yang maju naik ke panggung. Farhan sekarang duduk di kelas XII. Kru film Mataram Pleret campuran siswa kelas XII dan XI dengan bimbingan guru multimedia Titian Agustina Yatie SST, dan Ketua Prodi Multimedia Arifah Suryaningsih MBA.Festival Film Semi Dokumenter Jateng dan DIY untuk pelajar dan umum itu dibuka 27 Juni 2014 – 27 Agustus 2014.Menurut Titian Agustina Yatie yang biasa dipanggil Titin, kendalanya terutama pada perizinan. Salah alamat keteika meminta izin peliputan, atau surat permohonan izin sudah masuk, izinnya agak lama keluarnya.

Penulis naskah Trio Ipang Pratama sekaligus sebagai pemeran utama bersama Desi Setiani. Menceritakan sepasang muda-mudi mengunjungi situs Kraton Mataram Pleret. Mereka mendapat penjelasan dari para petugas situs di sana. Para penunggu situs itu yang dijadikan nara sumber, kemudian siswa juga menggunakan sejarahwan dari Dinas Kebudayaan DIY untuk narasumber yang tampil dalam film itu. –

See more at: http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/index.php?view=v_berita&id_sub=3295#sthash.hWpVtlYT.dpuf

4,006 total views, 1 views today