SMK 2 Sewon kembali melaksanakan program pertukaran pelajar dengan Sekolah Mediagymnasiet Stockholm Swedia. Kegiatan ini adalah yang keduakalinya bagi sekolah kejuruan yang dikepalai oleh Drs. Pii Kusharbugiadi, M.T. Kegiatan pertukaran guru dan pelajar yang pertama dilaksanakan pada tahun 2016 yang lalu. Sedangkan pada program pertukaran pelajar tahun 2017  ini, sebanyak 8 siswa dan 3 guru dari Mediagymnasiet mengunjungi SMK 2 Sewon selama 10 hari. Kunjungan dilaksanakan sejak tanggal 21 sampai dengan 31 Januari 2017. Pada 3 hari terakhir kunjungan, siswa Mediagymnasiet Swedia akan menginap di rumah siswa SMK 2 Sewon dengan tujuan agar siswa dapat berinteraksi langsung dengan keluarga di Indonesia, serta lebih mendekatkan siswa dengan sesama peserta program.

Kunjungan balik dari SMK 2 Sewon ke Mediagymnasiet Swedia akan dilaksanakan pada akhir April 2017, dengan jumlah komposisi yang sama, yaitu 8 siswa dan 3 guru. mereka adalah: Hensam Ramadhan Firdiansyah, Zaki Bin Husni Attamimi, Andrian Rohmad Kurniawan (Kelas XII Multimedia), Vini Mahta Hardiani (Kelas XII Desain Komunikasi Visual), Wahyu Putra Utama, Rajendra Athallasida Handi Putra, Siti Nur Kholida (Kelas XI Multimedia) dan Krisna Bayu Satriavan(Kelas X Multimedia). Sedangkan guru yang akan mendampingi adalah Arifah Suryaningsih, Mohammad Arif Yuniar dan Titien Agustina Yatie.

Berbagai macam kegiatan di dalam dan di luar sekolah akan dilaksanakan pada program ini. Diantaranya, bergabung pada kelas pembelajaran produktif dan adaptif, workshop animasi, workshop batik, workshop wayang kertas, workshop hadroh, lomba permainan tradisional, dan sebagainya. Kegiatan di luar sekolah yaitu mengunjungi beberapa museum di Yogyakarta, kunjungan dan workshop singkat di Balai Tekkomdik DIY, diskusi dan pemutaran film bersama komunitas Festival Film Pelajar Jogjakarta (FFPJ) kerjasama dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, serta kunjungan dan diskusi fotografi di MES 56 Yogyakarta dan sebagainya.

Tema yang diusung oleh SMK 2 Sewon dalam penyambutan tamu dari Swedia tahun ini adalah “Unity in Diversity”.  Dengan maksud bahwa keberagaman yang ada antara seluruh warga sekolah dan juga tamu dari Swedia tetap dapat dipersatukan dengan kolaborasi dan kerjasama yang baik antara siswa maupun guru yang ada. Siswa yang terlibat pada program ini khususnya, akan melakukan berbagai macam diskusi ringan tentang beberapa topik diantaranya, mengenai penggunaan dan dampak media sosial, sensor media, pergaulan, toleransi keberagaman yang ada di Yogyakartadan beberapa topik lain. Selanjutnya hasil diskusi inilah yang nantinya akan mereka usung dalam sebuah karya project bersama.

Senin, 23 Januari 2017 tamu dari Swedia ini disambut oleh seluruh guru, karyawan dan siswa SMK 2 Sewon dengan mengenakan busana adat Yogyakarta. Dalam kesempatan ini seluruh tamu undangan turut serta dalam kegiatan upacara bendera. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan perkenalan.

Kerjasama ini diupayakan akan terus dilaksanakan oleh kedua sekolah, dengan harapan akan lebih memperluas wawasan, pengalaman dan juga ketrampilan siswa di bidang media khususnya.

 

 

707 total views, 1 views today

 

Tags: , , ,