Tim dari SMK 2 Sewon yang diberi nama Berlima berhasil menjadi juara II pada ajang perlombaan pembuatan aplikasi game yang diselenggarakan oleh Yayasan Cinta Anak bangsa (YCAB) bekerjasama dengan Microsoft dalam rangkaian acara Microsoft YouthSpark. Personil Tim Berlima SMK 2 Sewon  yang terdiri dari Zaki, Agus, Panji, Andrian dan Cahyo, semuanya dari jurusan Multimedia dengan bangga memberikan kado istimewa untuk sekolah di akhir tahun ajaran 2015/2016.

Yogyakarta, 14 Juni 2016 Microsoft dan YCAB Yayasan mengumumkan dua medali penting dari rangkaian kegiatan Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Sehari sebelumnya di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri, tim dari 10 SMA terpilih sebagai pemenang aplikasi game terbaik. Momentum ini juga didukung oleh dukungan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan teknologi terintegrasi dengan guru.

Dengan peserta lebih dari 200 siswa dari sekolah SMP, SMA dan SMK, guru, masyarakat teknologi, seperti Jogja Digital Valley, technopreneur untuk relawan mahasiswa di Yogyakarta, Microsoft Youthspark Ilmu Komputer unggulan 10 aplikasi game dan berakhir dengan pengumuman aplikasi game Robot Gentho. Selain program-program yang terfokus pada pemberdayaan anak-anak, sekitar 80 guru juga berpartisipasi dalam Focus Group Discussion dengan perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Yogyakarta (Diskominfo) untuk membahas rencana kerja dari kurikulum pendidikan berbasis komputer.

“Kami senang melihat dukungan bersinar dan umpan balik positif dari semua pihak terhadap Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer dan keberhasilannya dalam mendorong siswa untuk mengembangkan aplikasi kreatif,” kata Ruben Hattari, Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia.

Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer adalah bagian dari program Microsoft YouthSpark global. Program ini terdiri dari berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan dan membekali pemuda dengan pengetahuan tentang teknologi sehingga tingkat pengangguran bisa berkurang.

Ruben Hattari menambahkan, “Kami percaya dengan memberikan akses pendidikan teknologi sejak dini, generasi muda di Yogyakarta akan mampu bersaing dan menjadi pemimpin masa depan. Semua finalis bisa mengembangkan game apps meskipun beberapa dari mereka memiliki sedikit atau tidak ada pengalaman dalam coding dan membuat aplikasi. ”
Fokus Grup Diskusi antara guru, Rony Primanto (kanan), Kepala Yogyakarta Diskominfo Informasi Layanan Pengembangan Teknologi.

Bekerja sama dengan Fakultas UGM Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Diskominfo Informasi Jasa Teknologi Divisi Pengembangan, Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer diadakan untuk membantu mengatasi pengangguran dan mengembangkan potensi Yogyakarta kota pintar.

“Kami menyadari bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor kunci untuk membantu mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi. Dengan memberikan pendidikan berbasis komputer, pemuda akan dapat memperkaya pengetahuan dan kemampuan mereka serta mengembangkan pola pikir mereka untuk menjadi lebih kreatif dan strategis, “kata Muhammad Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB Foundation. “Dalam melaksanakan pendidikan itu, kami juga mendorong para guru untuk secara aktif terlibat sehingga mereka dapat mentransfer pengetahuan mereka tentang teknologi untuk generasi muda berikutnya.”

Rony Primanto, Kepala Layanan Teknologi Informasi Divisi Pengembangan Diskominfo, mengatakan, “Kami sangat bangga dengan guru dan antusiasme siswa dalam Microsoft Youthspark di Yogyakarta. Kami siap mendukung percepatan Yogyakarta kota sepintar melalui pelaksanaan pendidikan teknologi, memberikan akses ke magang di bidang teknologi serta melibatkan siswa dan guru untuk mengembangkan aplikasi untuk melayani masyarakat Yogyakarta. Kami percaya Microsoft YouthSpark dapat memberikan dampak jangka panjang ke Yogyakarta. ”

Sebagai pemenang aplikasi game terbaik, anggota tim dari 10 SMA Yogyakarta masing-masing menerima alat pendukung pendidikan, kesempatan untuk bergabung Jogja Digital Valley dan bekerja dengan Pemerintah Yogyakarta untuk melaksanakan aplikasi sebagai aplikasi resmi.

Sumber : http://www.ycabfoundation.org/news-highlights/news-updates/yogyakarta-special-region-government-supports-continuity-microsoft-youthspark-ilmu-komputer-program/

1,153 total views, 2 views today

 

Tags: , , ,