Perayaan/festival Sekaten adalah rangkaian kegiatan tahunan sebagai peringatan ulang tahun Nabi Muhammad yang diadakan oleh keraton Surakarta dan Yogyakarta. Rangkaian perayaan secara resmi berlangsung dari tanggal 5 dan berakhir pada tanggal 12 Mulud penanggalan Jawa (dapat disetarakan dengan Rabiul Awal penanggalan Hijriah). Beberapa acara penting perayaan ini adalah dimainkannya gamelan pusaka di halaman Masjid Agung masing-masing keraton, pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad dan rangkaian pengajian di serambi Masjid Agung dan, puncaknya, Garebeg Mulud sebagai bentuk syukur pihak istana dengan keluarnya sejumlah gunungan untuk diperebutkan oleh masyarakat.

Perayaan ini dimeriahkan pula oleh pasar malam (biasa disebut “Sekatenan”) yang berlangsung selama sekitar 40 hari, dimulai pada awal bulan Sapar (Safar).

Secara sosial, penyelenggaraan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) masih mampu jadi magnet menyedot minat publik untuk berkunjung. Sehingga tidak heran, hampir setiap malam pengunjung Sekaten selalu penuh.

Pada tahun ini SMK 2 Sewon berkesempatan untuk meramaikan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS). Produk yang dipamerkan adalah hasil karya siswa SMK 2 Sewon dari kompetensi keahlian Multimedia, Kria Kreatif Batik Tekstil, Deskomvis dan Tata Busana serta bengkel kewirausahaan SMK 2 Sewon.

75 total views, 1 views today