skarose-old

Pendirian SMK Negeri 2 Sewon ditetapkan dengan SK Bupati No 270 tahun 2003 tanggal 19 Nopember 2003, dan operasional mulai tahun pelajaran 2004/2005 adalah sebagai salah satu upaya peningkatan akses dan layanan pendidikan di Kabupaten Bantul, khususnya untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Pendirian SMK Negeri 2 Sewon merupakan program Direktorat Jendral Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Ditjen PSMK) yaitu Program SMK Kecil.

SMK Kecil adalah SMK yang rombongan belajarnya atau jumlah peserta didiknya di bawah 250 siswa dan bertempat di SMP yang diperkirakan animo siswanya mulai menurun. Salah satu tujuannya adalah lulusan SMP dapat meneruskan di SMK Kecil serta gedung atau kelasnya dapat dimanfaatkan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa SMK. Pada saat yang bersamaan di kabupaten Bantul dibuka 4 SMK Kecil yang lain yaitu: SMK Negeri 1 Dlingo, SMK Negeri 1 Pundong, SMK Negeri 1 Sanden, dan SMK Negeri 1 Pajangan. Lokasi KBM SMK Negeri 2 Sewon di kompleks SMP Negeri 1 Sewon, Jalan Parangtritis Km 7 Sewon Bantul.

SMK Negeri 2 Sewon pada awal berdirinya mempunyai 2 jurusan yaitu Multimedia dan Kria Tekstil.  Sedangkan SMK Negeri 1 Dlingo membuka jurusan Kria Kayu, SMK Negeri 1 Pundong membuka jurusan Listrik dan Pengelasan, SMK Negeri 1 Sanden membuka jurusan Kelautan, dan SMK Negeri 1 Pajangan membuka jurusan Gambar Bangunan.

Pada tahun pertama sebagian besar guru dan karyawan berasal dari SMP Negeri 1 Sewon. Tempat KBM juga meminjam ruang kelas SMP Negeri 1 Sewon, tetapi setelah 8 bulan kemudian tempat KBM menempati gedung baru yang berada di belakang kompleks SMP Negeri 1 Sewon. Seiring itu mendapat guru bantu 4 orang dan seorang guru honorer daerah serta menerima Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT).

Pada tahun kedua animo peminat masing-masing jurusan semakin meningkat, tetapi tetap mampu menampung 2 kelas karena gedung dan sarana yang lain belum memenuhi kuantitasnya. Kemudian di tahun ketiga, karena animo peminat jurusan Multimedia cukup banyak maka daya tampingnya menjadi 2 kelas, sedangkan jurusan Kria Tekstil hanya 1 kelas. Baru di tahun keempat daya tamping jurusan Kria Tekstil menjadi 2 kelas sehingga daya tampungnya menjadi 4 kelas. Sampai akhirnya di tahun keenam dibuka jurusan baru yaitu Desain Komunikasi Visual (Deskomvis).

Pada tahun ketujuh SMK Negeri 2 Sewon mempunyai jumlah rombongan belajar seluruhnya 14 kelas dengan jumlah siswa 471 siswa. Perkembangan yang pesat ini juga didukung sarana prasarana yang memadai baik kualitas maupun kuantitas. Tempat KBM mulai tahun kelima menggunakan 2 unit yaitu di SMP Negeri 1 Sewon (Unit 1) dan bekas SD Manggung (Unit 2) di Cangkringmalang Timbulharjo Sewon. Dan pada tahun ketujuh di unit 2 telah dibangun 5 unit ruang kelas baru. Di samping itu sejak tahun 2007 SMK Negeri 2 Sewon ditunjuk sebagai tempat ICT Center Kabupaten Bantul.

 

9,103 total views, 6 views today