• SMK NEGERI 2 SEWON
  • Official Website

Asesmen Nasional di SMK N 2 Sewon

Asesmen Nasional (AN) merupakan alat evaluasi untuk memotret secara komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar dan menengah di seluruh Indonesia. Asesmen Nasional ini akan menjadi tolok ukur bagaimana sebuah sekolah telah melaksanakan pembelajaran, bagaimana kualitasnya dan luaran yang dihasilkan. Asesmen Nasional dilaksanakan melalui tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Pelaksanaan AN di Indonesia, baru diwakili oleh peserta didik yang dipilih secara acak oleh Kemdikbud, yaitu sebanyak 45 peserta didik di setiap jenjang SMA/K dan SMP, serta 30 peserta didik di setiap jenjang SD. Asesmen Nasional ini dimulai berurutan dari jenjang SMK/MAK/Paket C dan yang sederajat,  SMA/MA/LB, SMP/MTs/LB/Paket B dan yang sederajat, dan yang terakhir adalah jenjang SD/MI/LB/Paket A dan yang sederajat.

Asesmen Nasional 2021 ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah sebagai sebuah harapan baru bagi peningkatan budaya literasi bagi generasi muda usia sekolah. Soal-soal yang termuat pada AN ini merupakan soal dengan kategori orde tinggi, dimana isinya merupakan penguatan literasi dan numerasi. Yang tersaji di dalamnya meliputi beragam masalah kehidupan sehari-hari yang disajikan dengan uraian bacaan. Peserta AN yang berasal dari kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA/K ini tidak sekedar dituntut untuk menyelesaikan bacaan, namun harus bisa memahami, menggunakan, mengevaluasi, serta merefleksikan berbagai permasalahan yang ada di dalamnya. Termasuk juga harus mampu menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada tes numerasi.

 

AN Siswa

 

AN Siswa

 

Perhelatan AN SMK N 2 Sewon sudah dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, dan Rabu, mulai tanggal 20 – 22 September 2021 dengan sistem semi-online berbasis komputer. Dua hari pertama adalah AN untuk 45 peserta didik kelas XI yang sudah terpilih. Sedangnya hari berikutnya adalah Survey Lingkungan Belajar untuk Kepala Sekolah dan 63 Guru Mata pelajaran, serta Guru BK.

 

   AN KS dan Guru

 

SMK N 2 Sewon melaksanakan AN di 2 laboratorium komputer yang ada di Unit 2 – Kampus Pusat Cangkringmalang. Pelaksanaan dibagi menjadi 2 sesi untuk memenuhi standar protokol COVID-19 yang memaksimalkan satu laboratorium hanya diisi oleh 15 peserta AN. Sesi 1 dilaksanakan oleh 30 peserta yang sudah dibagi acak mulai pukul 07.30 – 09.30 WIB. Sesi 2 dilaksanakan oleh 15 peserta sisanya mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB. Untuk AN Survey Lingkungan Belajar untuk Kepala Sekolah dan Guru dilakukan selama 2 sesi juga di 2 laboratorium.


Panitia Pelaksanaan AN

 

Semua pihak menyambut positif kegiatan asesmen yang baru pertama kali dilaksanakan ini. Meskipun tujuan AN tidak untuk mengukur individu peserta didik seperti yang dilakukan pada Ujian Nasional (UN), namun AN merupakan penilaian kompetensi dasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi secara positif dalam masyarakat. Hasil AN ini akan memberikan gambaran bahwa peserta didik yang bersangkutan berada pada level rendah ke tinggi yaitu: “perlu intervensi khusus”, “dasar”, “cakap” atau “mahir”. Sehingga sesuai dengan tujuannya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, guru diharapkan dapat melayani peserta didik dengan takaran yang tepat sesuai leveling yang diperolehnya, merujuk dari hasil olah data capaian AN. 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Optimalisasi Blended Learning melalui In House Training Google Workspace

Pandemi COVID-19 tidak lagi menjadi momok menakutkan untuk masyarakat. Hal ini dikarenakan prosedur penanganan dan pencegahannya sudah terkendali dengan baik. Namun berbagai aspek kehid

12/10/2021 08:28 - Oleh Admin Website - Dilihat 178 kali
UTS Ganjil 2021/2022, Merawat Semangat Belajar Siswa

Pada tanggal 27 September – 6 Oktober 2021, selama 8 hari, SMK N 2 Sewon melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan metode daring. Kepanitiaa

07/10/2021 21:00 - Oleh Admin Website - Dilihat 86 kali
Sekilas Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2021/2022

Halo adik-adik kelas 9 dari SMP/MTS/yang sederajat, sudahkah kalian menentukan sekolah yang akan kalian masuki di tahun ajaran ini? Apakah SMK Negeri 2 Sewon menjadi pilihan kalian? Apa

30/05/2021 14:48 - Oleh Admin Website - Dilihat 887 kali
PENTING! Untuk Calon Siswa Baru TA 2020/2021

PEMBERITAHUAN! Sehubungan dengan diperpanjangnya masa tanggap darurat bencana COVID-19 di wilayah DIY sampai tanggal 31 Juli 2020, maka diberitahukan bahwa: Selama masa tanggap darurat

09/07/2020 17:41 - Oleh Admin Website - Dilihat 1930 kali
Syarat Daftar Ulang dan Surat Pernyataan

Berikut kami informasikan Syarat Daftar Ulang dan Surat Pernyataan PPDB SMK 2 Sewon T.A 2020/2021  http://gg.gg/DAFTAR_ULANG_SMK2SEWON3 http://gg.gg/BUKU_INDUK_SMK2SEWON http://gg.

03/07/2020 10:47 - Oleh Admin Website - Dilihat 1831 kali