• SMK NEGERI 2 SEWON
  • Official Website

Selamat Hari Guru Nasional, Bapak dan Ibu Guru

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2021

Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

Guru. Satu kata yang dikenal semua orang. Satu kata yang mewakili ribuan bahkan jutaan orang berjasa dalam segala bidang kehidupan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar. Guru menjadi satu dari sekian orang yang memiliki andil penting dalam kehidupan manusia. Kita sebagai manusia, akan mulai mengenal sosok guru dari usia paling dini, dan akhirnya memahami arti sesungguhnya dari guru ketika kita beranjak dewasa.

Tepat pada hari Kamis, 25 November 2021, kita memperingati Hari Guru Nasional sekaligus HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-76. Sebelum kita mulai membicarakan tentang guru di masa pandemi, tidak ada salahnya sejenak menengok ke belakang dan berbicara tentang sejarah guru.

Tahun 1912, Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dibentuk oleh para guru di sekolah desa dan sekolah rakyat angka 2. Tahun 1932, PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) yang akhirnya memicu reaksi tidak suka dari pihak Belanda. PGI akhirnya berhenti beroperasi ketika Jepang mengambil kekuasaan. Tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, tepatnya tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta, diselenggarakan Kongres Guru Indonesia. Kongres ini menjadi awal berdirinya PGRI.

Sebagai salah satu penghormatan untuk seluruh guru di Indonesia, Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun.

Pada tahun 2021, dengan mengusung tema Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan, diharapkan para guru di seluruh Indonesia bergerak bersama demi memulihkan arus pendidikan Indonesia yang terdampak oleh pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 lalu. Dengan kobaran semangat yang lebih dari 76 tahun yang lalu, pendidikan Indonesia harus mulai menata kembali dengan berjalan bersama dengan situasi yang terjadi.

Kepala SMK N 2 Sewon

Sebagai salah satu bentuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021, SMK Negeri 2 Sewon melakukan apel pagi dan koordinasi kedinasan. Dalam amanat apel paginya, Bapak Titis Sukowanto, Kepala SMK Negeri 2 Sewon, selaku pembina apel mengingatkan kembali tentang tugas pokok dan fungsi dari guru. Dimana guru menjadi faktor utama dalam keberhasilan siswa di masa depan.

Apel pagi ini diikuti oleh semua guru dan karyawan di SMK Negeri 2 Sewon baik ASN maupun Tenaga Bantu. Bertindak sebagai pemimpin apel adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bapak Indarto, yang didampingi oleh Bapak Jana Asmara sebagai pembaca doa, dan Ibu Miyati sebagai protokoler upacara.

 

Setelah apel pagi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan koordinasi kedinasan yang diikuti semua peserta apel dan dipimpin oleh Kepala Sekolah dan semua jajaran Wakil Kepala Sekolah. Hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi langkah dalam memajukan sekolah dan membangun kerjasama gotong royong yang lebih baik lagi.

 

Selamat Hari Guru Nasional. Terimakasih bapak/ibu guru. Jasamu akan selalu melekat di hati semua orang. Tetap semangat. Sehat selalu dan mari tetap bersama untuk waktu yang lama.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Delapan Belas Tahun Membangun Karakter Siswa, Selamat Ulang Tahun Sekolahku

Selamat Ulang Tahun, SMK Negeri 2 Sewon Jayalah Selalu, SMK Negeri 2 Sewon   Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 270 Tahun 2003, pada tanggal 19 November 2003, SMK Negeri 2

19/11/2021 18:35 - Oleh Admin Website - Dilihat 61 kali
Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK Negeri 2 Sewon Sebagai Sarana Persiapan Siswa Siap Kerja di DUDIKA

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan agenda rutin sekolah terutama untuk sekolah kejuruan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman dan budaya kerja kepada siswa sebelum m

29/10/2021 10:30 - Oleh Admin Website - Dilihat 21 kali
Selamat Jalan, Pak Nardi

ٳنالله وٳناٳليه راجعون Innalillahi wa innaillaihi rojiun   Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Berita duka menyelimuti SMK Negeri 2 Sewon. Pada hari Jum’at

03/10/2021 11:28 - Oleh Admin Website - Dilihat 242 kali
Menyambut Tahun Ajaran Baru, SMK N 2 Sewon Siap Dengan KIKD Essensial

Seiring dengan akan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021, setiap jenjang pendidikan harus merencanakan kurikulum yang akan dipakai untuk satu tahun ajaran ke depan. Apalagi di tengah

16/07/2020 21:45 - Oleh Admin Website - Dilihat 1023 kali
MPLS Daring SMK Negeri 2 Sewon

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) jenjang SMA/SMK di DIY dilakukan dengan cara daring atau online. Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendi

14/07/2020 08:55 - Oleh Admin Website - Dilihat 1283 kali