• SMK NEGERI 2 SEWON
  • Official Website

Delapan Belas Tahun Membangun Karakter Siswa, Selamat Ulang Tahun Sekolahku

Selamat Ulang Tahun, SMK Negeri 2 Sewon

Jayalah Selalu, SMK Negeri 2 Sewon

 

Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 270 Tahun 2003, pada tanggal 19 November 2003, SMK Negeri 2 Sewon resmi beroperasi sebagai salah satu sekolah negeri di Kabupaten Bantul. Delapan belas tahun berlalu, SMK Negeri 2 Sewon masih tetap berperan aktif sebagai salah satu garda terdepan sekolah kejuruan di Kabupaten Bantul. Menampung lebih dari 700 siswa setiap tahunnya, dan sudah meluluskan banyak bibit-bibit manusia unggul yang berguna dan berkontribusi banyak terhadap masyarakat.

Dua tahun masa pandemi, memang memberikan dampak yang luar biasa di semua aspek kehidupan, termasuk salah satunya adalah bidang pendidikan. Pemangkasan kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan, ditiadakan dan digantikan secara digital, membuat tatanan pendidikan sempat kacau balau. Dengan penyesuaian seiring berjalannya waktu, pelan namun pasti, pendidikan di SMK Negeri 2 Sewon bisa berjalan dengan lebih baik.

Tahun 2021, menjadi tahun ke-18 SMK Negeri 2 Sewon untuk terus berjuang demi pendidikan yang lebih baik lagi. Melewati masa sulit pandemi, menciptakan dan menerapkan metode pembelajaran yang baru. Dengan semangat membara, dalam memperingati hari jadi ke-18 ini, SMK Negeri 2 Sewon melakukan beberapa kegiatan untuk menjaga kinerja dan kesehatan jiwa raga bapak ibu guru dan karyawan.

 

Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-18 SMK Negeri 2 Sewon, yang jatuh pada hari Jum’at, tanggal 19 November 2021, diawali dengan kegiatan senam bersama di pagi hari. Dengan mengundang instruktur senam profesional, dengan lincah dan ceria, bapak ibu guru mengikuti arahan dan membakar energi dalam tubuh.
Agenda kedua setelah beristirahat pasca senam pagi adalah pemotongan tumpeng dan pelepasan balon oleh warga sekolah. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ibu Arifah Suryaningsih, dalam sambutan singkatnya menuturkan tentang kemajuan-kemajuan sekolah yang telah dicapai selama kurun waktu 18 tahun. Pembangunan fisik yang terus berkesinambungan dari tahun ke tahun, harus diimbangi juga dengan penetapan target-target prestasi guru dan siswanya. Hal ini dimaksudkan agar gaung prestasi dan manfaat karya nyata siswa, alumni, guru, dan seluruh visitas akademikan akan semakin dikenal dan dipertimbangkan oleh masyarakat. Bu Arifah juga menambahkan bahwa penguatan manajerial, budaya kerja, dan budaya mutu akan membawa kita pada cita-cita yang diharapkan.

 

Setelah sambutan singkat dari Bu Arifah, bersama Wakil Kepala Sekolah lainnya, pemotongan tumpeng dilakukan dengan pemberian potongan tumpeng kepada Bapak Amin Hidayat, selaku Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana yang telah membuktikan kinerjanya dengan kemajuan pembangunan selama satu tahun terakhir. Diikuti dengan pelepasan balon warna-warni ke udara sebagai pertanda agar harapan dan usaha SMK Negeri 2 Sewon kedepannya bisa melambung setinggi-tingginya dan memberikan hasil yang terbaik.

 

Kegiatan inti dari rangkaian acara memperingati HUT ke-18 SMK Negeri 2 Sewon adalah outbond sederhana yang diikuti oleh guru dan karyawan. Meski tidak bisa memaksimalkan kegiatan karena harus mematuhi protokol kesehatan, namun kegiatan outbond masih bisa dilaksanakan dengan ceria dan penuh tawa. Menandakan bahwa hal sekecil dan sesederhana apapun, tetap bisa membawa kebahagiaan.

 

Menjelang akhir kegiatan, tim konsumsi yang dikoordinatori oleh Ibu Sri Purwatiningsih, telah menyiapkan berbagai hidangan istimewa untuk bapak ibu guru dan karyawan yang sudah bekerja keras. Mulai dari masakan desa seperti lodeh sayur, hingga ayam goreng sudah tersedia dan siap dinikmati.

 

Semoga di tahun-tahun selanjutnya, SMK Negeri 2 Sewon menjadi lebih maju, lebih kompak, dan lebih berkembang dari tahun-tahun sebelumnya. Selamat ulang tahun SMK Negeri 2 Sewon. Jayalah SMK Negeri 2 Sewon.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Selamat Hari Guru Nasional, Bapak dan Ibu Guru

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2021 Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan Guru. Satu kata yang dikenal semua orang. Satu kata yang mewakili ribuan bahkan jutaan orang berjasa dal

25/11/2021 16:25 - Oleh Admin Website - Dilihat 77 kali
Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK Negeri 2 Sewon Sebagai Sarana Persiapan Siswa Siap Kerja di DUDIKA

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan agenda rutin sekolah terutama untuk sekolah kejuruan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman dan budaya kerja kepada siswa sebelum m

29/10/2021 10:30 - Oleh Admin Website - Dilihat 21 kali
Selamat Jalan, Pak Nardi

ٳنالله وٳناٳليه راجعون Innalillahi wa innaillaihi rojiun   Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Berita duka menyelimuti SMK Negeri 2 Sewon. Pada hari Jum’at

03/10/2021 11:28 - Oleh Admin Website - Dilihat 242 kali
Menyambut Tahun Ajaran Baru, SMK N 2 Sewon Siap Dengan KIKD Essensial

Seiring dengan akan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021, setiap jenjang pendidikan harus merencanakan kurikulum yang akan dipakai untuk satu tahun ajaran ke depan. Apalagi di tengah

16/07/2020 21:45 - Oleh Admin Website - Dilihat 1023 kali
MPLS Daring SMK Negeri 2 Sewon

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) jenjang SMA/SMK di DIY dilakukan dengan cara daring atau online. Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendi

14/07/2020 08:55 - Oleh Admin Website - Dilihat 1283 kali