You need to enable javaScript to run this app.

Multimedia (MM)

  • Selasa, 12 Mei 2020
  • Admin Website
  • 0 komentar

Berdasarkan Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Nomor 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), kompetensi keahlian Multimedia merupakan bagian dari bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), bersanding dengan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Kompetensi Multimedia Multimedia merupakan bentuk paling modern dari pembelajaran seni yang memadukannya dengan penggunaan teknologi secara penuh. Mata pelajaran yang dipelajari, bisa membantu siswa untuk membuat sebuah konten mandiri yang tidak akan tertinggal oleh kemajuan teknologi. Beberapa mata pelajaran mempelajari materi dasar dari sebuah keahlian. Sebagai contoh, ada mata pelajaran dasar desain grafis dan pemrograman dasar yang hanya ada di kelas X. Berikut ini adalah mata pelajaran kejuruan yang ada di kompetensi keahlian Multimedia:

C1. 1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Fisika
  3. Kimia
C2. 1. Sistem Komputer
  2. Komputer dan Jaringan Dasar
  3. Pemrograman Dasar
  4. Dasar Desain Grafis
C3. 1. Desain Grafis Percetakan
  2. Desain Media Interaktif
  3. Animasi 2D dan 3D
  4. Teknik Pengolahan Audio dan Video
  5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Multimedia membutuhkan waktu 3 tahun formal di sekolah, dengan diselingi dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 6 bulan di kelas XI/XII, serta tugas akhir berupa Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Kelas XII.

Untuk penyaluran alumni, lulusan Multimedia memiliki beberapa keuntungan karena secara kemampuan, bisa bekerja di berbagai bidang multimedia. Diantaranya adalah:

  1. Videografer
  2. Video Editor
  3. Photografer
  4. Graphic Desainer
  5. Web Programmer
  6. Animator

Atau bisa juga menjadi wirausahawan dengan menerapkan semua keterampilan yang didapat saat bersekolah, seperti:

  1. Youtuber
  2. Podcaster
  3. Wedding Organizer
  4. Start-up Company

Tahun 2022, berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Nomor 024/H/KR/2022 tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK pada Kurikulum Merdeka, kompetensi keahlian Multimedia dipisahkan dari bidang keahlian TIK dan resmi bergabung dibawah bidang keahlian Seni dan Ekonomi Kreatif. Hal ini membuat Multimedia sebagai bentuk teknologi dari seni, harus berkonversi menjadi seni murni yang diintegrasikan ke teknologi. Kompetensi keahlian yang bisa menjadi hasil konversi dari Multimedia, adalah sebagai berikut:

  1. Desain Komunikasi Visual
  2. Animasi
  3. Produksi dan Siaran Program Televisi
  4. Produksi Film
  5. Pengembangan Gim

Untuk SMK Negeri 2 Sewon, di tahun pelajaran baru 2022/2023, masih menggunakan kurikulum Multimedia lama dan belum menggunakan kurikulum merdeka.

Bagikan artikel ini:
Suwarsidi, S.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua.  Selamat datang di Website Resmi SMK Negeri 2 Sewon, sebuah wadah yang…

Berlangganan