You need to enable javaScript to run this app.

Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK Negeri 2 Sewon Sebagai Sarana Persiapan Siswa Siap Kerja di DUDIKA

  • Jum'at, 29 Oktober 2021
  • Admin Website
  • 0 komentar
Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK Negeri 2 Sewon Sebagai Sarana Persiapan Siswa Siap Kerja di DUDIKA

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan agenda rutin sekolah terutama untuk sekolah kejuruan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman dan budaya kerja kepada siswa sebelum mereka merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. Kegiatan PKL di SMK Negeri 2 Sewon, biasanya dilaksanakan pada 3 bulan terakhir di semester genap kelas XI dan 3 bulan pertama di semester ganjil kelas XII, yaitu sekitar bulan April - September. Pandemi COVID-19 yang terjadi di banyak negara terutama Indonesia pada awal tahun 2020 lalu, membuat pelaksanaan PKL di tahun tersebut harus dihentikan tiba-tiba tanpa batas waktu. Akibatnya, siswa kelas XI yang saat itu terjadwal PKL, tidak mendapatkan kesempatan PKL bahkan sampai ketika mereka lulus. Hal yang sama hampir saja terjadi di tahun 2021. Hingga bulan Juli 2021, jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 meninggkat, sehingga agenda PKL kembali ditunda. Hingga akhirnya pada bulan Oktober 2021, status COVID-19 di DIY sudah turun ke level 2 dan SMK N 2 Sewon sudah melaksanakan vaksin hingga tahap kedua, sehingga agenda PKL serta Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT) bisa dilaksanakan kembali secara luring.

 

 

Sebelum kegiatan PKL dilaksanakan selama 2 bulan pada bulan November dan Desember, SMK Negeri 2 Sewon melaksanakan kegiatan Pembekalan PKL di sekolah secara luring, sebagai langkah awal dalam mempersiapkan siswa agar memahami dunia kerja yang akan mereka masuki. Kegiatan pembekalan ini diberikan kepada seluruh peserta didik kelas XII yang akan melaksanakan PKL pada tahun 2021. Pembekalan dilaksanakan di Masjid SMK Negeri 2 Sewon pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 pukul 08.00 - 14.00 WIB. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 sesi. Sesi 1 dimulai pukul 08.00 - 09.00 WIB untuk program keahlian Multimedia dan DKV. Sesi 2 dimulai pukul 10.00 - 11.00 WIB untuk program keahlian KKBT. Sedangkan sesi 3 dimulai pada pukul 13.00 - 14.00 WIB untuk program keahlian Tata Busana. Siswa mengikuti pembekalan PKL dengan menggunakan seragam putih abu-abu dan bersepatu, serta mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 

 

Susunan kegiatan pembekalan PKL SMK Negeri 2 Sewon meliputi kegiatan pembuka oleh MC masing-masing jurusan, yang diikuti sambutan Ketua Panitia PKL oleh Bapak M. Arif Yuniar, S.Pd. M.Hum. Kegiatan inti dari pembekalan ini adalah penjelasan tentang PKL, pengisian buku PKL, peraturan PKL, pembagian pembimbing PKL, dan adab sopan santun di DUDIKA yang dijelaskan oleh masing-masing Kepala Jurusan. Setelah itu pengarahan lebih detail dilakukan oleh pembimbing masing-masing.

Melalui pembekalan PKL ini, diharapkan seluruh siswa kelas XII dapat mengikuti PKL di DUDIKA dengan baik dan memperoleh ilmu sesuai bidang keahlian masing-masing. Serta  siswa menjadi siap bekerja dan tidak kaget lsuasana kerja yang sebenarnya.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Suwarsidi, S.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua.  Selamat datang di Website Resmi SMK Negeri 2 Sewon, sebuah wadah yang…

Berlangganan