You need to enable javaScript to run this app.

Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022, Penerapan Skema Blended untuk Adaptasi Kebiasaan Baru

  • Kamis, 16 Desember 2021
  • Admin Website
  • 0 komentar
Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022, Penerapan Skema Blended untuk Adaptasi Kebiasaan Baru

 

 

Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan salah satu metode pengukuran kemampuan siswa dan sebagai sarana perbaikan pembelajaran untuk kedepannya bagi sekolah. Ujian ini juga dijadikan sebagai sarana pemetaan setiap mata pelajaran dan sejauh mana penguasaan siswa dalam penerimaan input yang diberikan selama pembelajaran. Selain sebagai barometer untuk mengetahui tercapai atau tidaknya target kurikulum, ujian ini juga menjadi salah satu motivasi siswa untuk kembali membaca dan mempelajari materi-materi yang dipelajarinya. Ada banyak metode yang bisa dipakai dalam menyelenggarakan UAS di sekolah. Di masa pandemi COVID-19 ini pun, berbagai metode penyelenggaran UAS, baik daring maupun luring mulai dikembangkan di berbagai sekolah.

Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 ini, SMK Negeri 2 Sewon mencoba menerapkan metode ujian baru yaitu sistem blended (Pola Daring dan Pola Luring). Dimana pola daring dengan pemanfaatan ICT (Google Form) dan peralatan teknologi pendukung (handphone/smartphone dengan koneksi internet). Sedangkan untuk pola luringnya adalah dengan mendatangkan peserta ujian secara klasikal di kelas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sistem blended diterapkan pada siswa kelas X dan XI, sedangkan kelas XII secara daring, karena bersamaan dengan pelaksanaan PKL di DUDIKA. Waktu pelaksanaan UAS dimulai Senin, 6 Desember 2021 sampai dengan Rabu, 15 Desember 2021 di Unit 2 dan Unit 3 SMK Negeri 2 Sewon, dengan pembagian sesi 1 pukul 07.30 – 09.30 WIB untuk kelas X dan XII dan sesi 2 pukul 10.00 – 12.00 WIB untuk kelas XI.

Kepanitiaan masih memiliki tugas yang sama seperti pelaksanaan ujian daring seperti biasanya, hanya penambahan kepanitiaan sebagai pengawas ruang yang mengawasi siswa di kelas. Kepengawasan ditugaskan kepada guru-guru mata pelajaran yang sedang tidak mengerjakan kepanitiaan lain. Pengawas ruang ini bertanggungjawab atas pelaksanaan ujian di kelas masing-masing dan sebagai perantara antara siswa dan panitia teknis jika ada masalah dengan soal.

Sebagai awal dari penerapan adaptasi kebiasaan baru berdampingan dengan COVID-19, ujian dengan metode blended ini merupakan tahap akhir dari uji coba pelaksanaan Pertemua Tatap Muka Terbatas (PTMT) di lingkungan SMK. Keluaran dari PTMT dan Blended UAS ini akan menjadi pondasi dalam merencanakan pembelajaran di semester/tahun ajaran baru.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Suwarsidi, S.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua.  Selamat datang di Website Resmi SMK Negeri 2 Sewon, sebuah wadah yang…

Berlangganan