You need to enable javaScript to run this app.

Sukses Digelar, Pameran Bersama "Tuwah Sekar" dengan 1000 Pengunjung

  • Rabu, 29 Juni 2022
  • Admin Website
  • 0 komentar
Sukses Digelar, Pameran Bersama

Salah satu hal yang istimewa menjadi seorang pelajar SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah dengan mempunyai sebuah hasil belajar yang nyata yang didapat dari praktik selama menimba ilmu di sekolah. Melanjutkan tradisi dari kakak-kakak kelasnya yang kini sudah menjadi alumni, siswa kelas XII SMK Negeri 2 Sewon yang baru saja menerima pengumuman kelulusannya di tanggal 13 Juni 2022 lalu, mengadakan sebuah pameran guna memamerkan hasil belajar mereka selama 3 tahun di SMK. Semua jurusan memberikan hasil terbaiknya yang bisa dipamerkan.

Pameran bersama bertajuk “Tuwah Sekar” yang berasal dari Bahasa Jawa Krama, dalam Bahasa Indonesia berarti “Bunga yang Tumbuh”. Pemilihan tema ini memiliki arti dimana layaknya bunga yang tumbuh dari benih hingga mekar, begitupun pertumbuhan para siswa selama menuntut ilmu di SMK Negeri 2 Sewon. Hingga akhirnya bunga itu mekar, kelopaknya akan berjatuhan dan terbang terbawa angin untuk mencapai tujuannya masing-masing.

   

Pameran dilaksanakan selama 4 hari, dimulai tanggal 24 Juni 2022 dan berakhir pada tanggal 27 Juni 2022. Bertempat di Pendhapa Art Space, pameran bersama ini berhasil menarik lebih dari 1000 pengunjung. Suatu pencapaian yang membanggakan. Kerja keras dalam mempersiapkan sebuah perhelatan yang matang, terbayar dengan feedback yang tidak sedikit. Sejumlah 10 karya guru, 99 karya siswa Multimedia, 44 karya siswa Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, 56 karya siswa Desain Komunikasi Visual, dan 63 karya siswa Tata Busana, didisplay sedemikian rupa untuk dipamerkan. 

Pembukaan pameran diadakan pada hari Jum’at (24/6), pukul 13.00 WIB di panggung outdoor Pendhapa Art Space dengan dihadiri oleh beberapa tamu undangan serta Bapal/Ibu Guru SMK Negeri 2 Sewon. Gong pembuka dipukul oleh Bapak Drs. Bakhtiar Nurhidayat sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, didampingi oleh Bapak Suwarsidi, S.Pd. selaku Kepala SMK Negeri 2 Sewon, Bapak Ismunardi, S.Pd., M.M. selaku Kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul, Seniman Ong Hari Wahya, Kurator  Diptya Aristo Sahisnu, M.Sn., dan Direktur Pendhapa Art Space Ganesha Satya. 

Pameran ini juga disponsori oleh beberapa pihak, diantaranya Universitas Sanata Dharma, Skatindo, Audio Visual, Pendhapa Art Space, belikopi., Sate Pak Pong, Java Videotron, Info Event Jogja, dan Komunitas Djogja. Tidak lupa beberapa start-up siswa juga ikut andil dalam perhelatan ini, diantaranya adalah photobe, NakNik, Kilas Balik, Acintya Production, dan MultiOne Films. 

Sore harinya, diadakan screening film berjudul “Triasih” dan “Gigih” yang merupakan film pendek hasil karya siswa SMK Negeri 2 Sewon. Menghadirkan Bapak Ong Hari Wahyu dan Bapak Bagus Sumantoro sebagai narasumber, screening film dilanjutkan dengan bincang ringan tentang kawula muda yang berani menciptakan sebuah karya film serta tentang perkembangan industri perfilman dari masa ke masa. 

Selain menyuguhkan hasil karya siswa, pameran “Tuwah Sekar” juga menyediakan fasilitas pengalaman membatik dan menjahit. Pengunjung dapat mencoba membatik menggunakan canting di atas sebuah kain putih polos yang disediakan. Pengalaman membatik dan menjahit ini menjadi salah satu hal yang menarik pengunjung di hari kedua dan ketiga. Selain digunakan sebagai wahana edukatif, bisa juga dijadikan sebagai spot foto, termasuk juga telah disediakan satu photoboth dengan tema “Tuwah Sekar”.

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Suwarsidi, S.Pd.

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua.  Selamat datang di Website Resmi SMK Negeri 2 Sewon, sebuah wadah yang…

Berlangganan